Selasa, 31 Agustus 2010

insiden ayam guring II


Insiden ayam Guring II

       Sebenarnya malas untuk cawe2 mengenai masalah yang sekarang tengah terjadi antara Indonesia dengan Malaysia. Dua Negara yang bagaimanapun hendak diingkari tetaplah berasal dari satu puak yang sama. Disatukan oleh sejarah dan perjalanan sang waktu .
Namun saya agak terkejut dan terpaksa numprahake uneg2 ketika mendengar berita anggota DPR mendesak  TPI untuk menghentikan ( semoga Sementara ) tayangan film anak2 Upin dan Ipin . Dengan rasional bahwa penghentian penayangan itu akan memberi semacam tekanan pada kepentingan Malaysia dan pemerintahnya agar lebih care terhadap permasalahan yang saat ini tengah terjadi.
       Sebuah rasional yang bagi saya menggelikan sebenarnya.  Jangan bahas dulu konten Upin dan Ipin yang penuh dengan pelajaran.., tapi cukup bahwa anggota DPR yang pinter2 ( setidaknya menurut Iwan Fals) sampai mengagas tindakan semacam ini di tengah carut marutnya wajah mereka serta lemahnya diplomasi luar negeri pemerintah  Indonesia sungguh suatu hal yang memalukan.
       Secara pribadi, saya tidak tahu bahkan tidak percaya jika Malaysia akan merasa tertekan dan dirugikan dengan penghentian penanyangan Upin dan Ipin. Namun yang jelas, saya dan amel, si kecil fans berat duo gundul itu yang dirugikan. Di tengah tayangan sinetron yang penuh ajaran untuk melawan orangtua, membalas dendam
, berebut harta dan lain-lain tingkah hedonis, keceriaan upin dan Ipin memberikan sedikit senyum pada wajah anak-anak Indonesia yang tidak tahu mengapa dua bangsa yang bersaudara ini selalu saja bertikai….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar